Tech No State

Perkembangan atau Kemajuan Teknologi ‎Informasi | Komunikasi | Pendidikan dan ‎Bioteknologi

KELISTRIKANTEKNOLOGI

Teknologi Kelistrikan yang Bekembang Saat Ini

Kemajuan Jaman dalam Teknologi Kelistrikan

Tech No State – Teknologi Kelistrikan yang Bekembang Saat Ini! Sejalan dengan perkembangan zaman, perkembangan teknologi komunikasi juga semakin maju. Terutama dengan adanya pengaruh globalisasi yang bisa dirasakan di berbagai bidang kehidupan. Seperti kehidupan politik, ideology, ekonomi , social budaya, pertahanan keamanan dan lain-lain yang mempengaruhi nilai-nilai sosialisme bangsa. Teknologi informasi dan komunikasi ini pendukung utamanya bagi terselenggaranya globalisasi.

Dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi serta Teknologi Kelistrikan. Dapat mempercepat penyampaian informasi dalam bentuk apapun. Dan untuk berbagai kepentingan dapat disebarluaskan dengan cepat dan mudah. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi juga bisa membantu kita. Dalam menemukan hal-hal yang ingin kita ketahui contohnya melalu google kita bisa memperoleh informasi sesuai dengan kebutuhan kita.

Kita tak perlu repot-repot membeli buku untuk mendapatkan suatu informasi cukup. Dengan mensearching di google kita bisa mengetahui segala hal yang belum kita ketahui. Akan tetapi dari banyaknya informasi yang kita terima terkadang membuat kita kesulitan menentukan kebenaran informasi tersebut.

Jaringan Cerdas mengikuti Perkembangan Jaman

Istilah “jaringan cerdas” mencakup berbagai perangkat dan sistem yang memanfaatkan kemajuan. Terbaru dalam teknologi digital dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi, kinerja, dan keandalan infrastruktur. Sistem tenaga listrik yang ada. Meskipun “jaringan cerdas” paling sering dibahas. Dalam hal meteran listrik canggih dan teknologi sistem distribusi lainnya. Itu juga termasuk peningkatan penting untuk sistem transmisi. Secara khusus, unit pengukuran fasor, atau PMU. Adalah teknologi “pintar” baru yang digunakan di seluruh Amerika Utara (lihat peta), memantau apa yang terjadi pada jaringan transmisi.

Sistem tenaga listrik adalah mesin terintegrasi yang sangat besar. Di Amerika Serikat dan Kanada, ada empat sistem listrik besar, yang disebut interkoneksi , yang mendukung penyediaan layanan listrik untuk semua konsumen. Misalnya, Interkoneksi Timur mencakup area dari Pantai Atlantik hampir ke barat seperti Rockies di Amerika Serikat serta sebagian besar Kanada.

Penggabungan Transmisi dan Transformator

Agar sistem yang terintegrasi ini dapat beroperasi dengan andal. Operator sistem harus selalu mencocokkan pembangkit listrik dengan permintaan listrik. Dalam toleransi ketat, karena permintaan berubah sepanjang hari. Lebih lanjut, pengoperasian setiap komponen dari sistem tenaga listrik setiap generator. Transformator, dan sirkuit transmisi harus disinkronkan dengan erat.

Ketidak cocokan antara persediaan dan permintaan atau gangguan dalam sinkronisasi dapat menimbulkan tekanan pada jaringan . Jika masalah ini tidak diidentifikasi dan diperbaiki dengan cepat, hasilnya dapat menurunkan kualitas daya atau pemadaman listrik. Data PMU dapat digunakan untuk memantau dan mengurangi masalah ini.

Tahukah Anda Perkembangan Teknologi Kelistrikan Saat Ini?

Membandingkan data di antara titik-titik pada sistem listrik adalah cara yang baik untuk mengungkapkan tekanan pada sistem dan memasukkan sumber masalahnya. PMU memantau karakteristik listrik yang mengalir melalui lokasi tertentu, misalnya, pada titik di mana generator terhubung ke sistem tenaga listrik, atau di gardu. Kemampuan untuk membandingkan data waktu yang disinkronkan pada skala waktu yang sama, di antara lokasi yang terpisah secara luas, merupakan pencapaian yang relatif baru, berdasarkan dua peningkatan besar:

Kecepatan

PMU membuat pengukuran pada interval waktu yang singkat biasanya 30 kali per detik jauh lebih cepat daripada kontrol pengawasan dan akuisisi data (SCADA) teknologi konvensional, yang membuat pengukuran hanya setiap beberapa detik. (Untuk perbandingan, listrik bergantian pada frekuensi 60 kali per detik pada sistem.) Pengukuran yang lebih sering dari PMU dapat mengungkapkan dinamika sistem yang tidak akan terlihat dengan sistem SCADA yang lebih tua (lihat bagan di bawah).

Sinkronisasi

Semua PMU di seluruh interkoneksi disimpan dalam sinkronisasi waktu yang tepat menggunakan GPS, yang mengarah ke istilah “data synchrophasor” (dalam konteks ini, istilah “fasor” berasal dari representasi matematis dari pengukuran). Sinkronisasi ini memberikan kemampuan untuk dengan mudah membandingkan data sistem di antara unit yang tersebar secara geografis, menciptakan visibilitas luas di seluruh sistem tenaga besar, yang sebelumnya tidak mungkin menggunakan teknologi yang lebih lama.

PMU dapat mengumpulkan data dalam jumlah besar. Teknologi telekomunikasi melalui serat optik, kabel, atau satelit memainkan peran penting dalam menyusun data synchrophasor (contoh: data penerusan dari perusahaan Domino qq online  mungkin memerlukan dua jalur T1 khusus.).

Mengembangkan jaringan komunikasi yang diperlukan saat ini merupakan faktor yang membatasi banyak aplikasi real-time dari data synchrophasor. Kemampuan PMU relatif murah seringkali merupakan fungsi opsional pada peralatan standar tetapi biaya penambahan infrastruktur jaringan yang diperlukan biasanya lebih besar, seperti yang terlihat pada data yang dikumpulkan sebagai bagian dari program SGIG.

Mengembangkan metode untuk mengumpulkan, menganalisis, dan mendistribusikan sejumlah besar data merupakan tantangan di seluruh jajaran teknologi smart grid. Meskipun ada sejumlah aplikasi perangkat lunak yang digunakan dan dalam pengembangan yang mengambil data fasor dan mengubahnya menjadi informasi yang dapat ditindaklanjuti.

Industri masih bekerja untuk memahami apa yang ditampilkan data fasor berkecepatan tinggi tentang perilaku grid. Pemahaman itu diperlukan untuk membuat aplikasi perangkat lunak dapat digunakan sepenuhnya dalam Teknologi Kelistrikan.

Comment here