topologi TEKNOLOGI KOMPUTER

Tech No State

Perkembangan atau Kemajuan Teknologi ‎Informasi | Komunikasi | Pendidikan dan ‎Bioteknologi

KOMPUTERTEKNOLOGI

Topologi Jaringan Komputer Yang Sering Digunakan

topologi TEKNOLOGI KOMPUTER

Jaringan Komputeryang di perlukan Masyarakat

Internet – Tepologi jaringan dapat dikatakan sebagai suatu gambaran struktur jaringan Komputer atau sebuah cara bagaimana sebuah jaringan didapatkan. Pengertian dari Topologi itu sendiri adalah cara atau konsep yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer menjadi suatu jaringan. Jaringan yang dihasilkan juga terkoneksi ke semua koputer yang saling berhubungan tersebut.

Karakteristik dan fungsi yang dimiliki topologi berbeda – beda. Dapat dilihat dari segi kecepatan jaringan datanya, biaya untuk pembuatan jaringan, dan juga kemudahan dari proses maintenances nya bagi pengguna. Setiap topologi juga memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri. Macam – macam Topologi Jaringan Komputer yang dapat Anda ketahui diantaranya yaitu Topologi Ring, Topologi Star, dan masih banyak lagi yang akan di bahas setelah ini.

Topologi Jenis Jaringan dengan Cabang (konvergensi)

Salah satu Topologi Jaringan Komputer yang dapat Anda ketahui yaitu Topologi Bintang (Star). Dinamakan Topologi Star karena bentuk Topologi jaringan jenis ini berbentuk cabang (konvergensi). Yaitu dari titik tengah (node) ke setiap penggunanya. Semua link yang berhubungan harus melewati server penyalur data. Sehingga semua client yang dipilih terhubung pada server. Jadi semuanya tanpa terkecuali akan terhubung ke satu server.

Simpul pusat (server) sering juga disebut sebagai stasiun primer. Dan untuk selain server biasanya dinamakan stasiun sekunder (client). Setelah semua jaringan terhubung dan sudah memiliki koneksi maka client sudah tidak perlu menunggu perintah dari server. Jadi kapanpun ingin menggunakan Jaringan Komputer selama koneksi hidup maka client menggunakannya. Apabila koneksi terputus dari satu workstation maka tidak akan mengganggu koneksi pada workstation lainnya.

Macam – Macam Topologi Jaringan Komputer.

Biaya untuk jenis Topologi Jaringan Komputer ini tergolong biaya menengah. Dengan keunggulan – keunggulan yang dimiliki Topologi Star diantaranya yaitu untuk pemasangannya sangat mudah. Dan apabila terdapat perubahan stasiun maka tidak akan berpengaruh terhadap komputer lain sehingga tidak menggangu aktivitas pada server yang lainnya. Jenis topologi ini merupakan Topologi paling fleksibel dalam perawatannya.

Keunggulan lain yang dimiliki Topologi Jaringan Komputer ini adalah kemudahan dalam mendeteksi dari isolasi kesalahan ataupun kerusakan. Kontrol yang dimiliki juga hanya terpusat pada satu node khusus yaitu berupa server. Jalur komunikasi (Bandwith) dalam kabel biasanya akan semakin lebar dalam masing – masing workstation. Fungsi tersebut yang mampu mendorong secara keseluruhan kemampuan kerja pada jaringan.

Selain keunggulan terdapat juga kekurangan yang dimiliki Topologi Jaringan Komputer jenis star. Diantaranya yaitu masin – masing workstation harus memiliki kabel. Oleh karena itu  Topologi Star ini akan menghabiskan lebih banyak kabel karena memang dibutuhkan. Apabila kerusangan dialami oleh note pusat (server) maka keseluruhan jaringan pada cloud akan ikut berhenti.

Topologi Bus sebagai File Server

Macam Topologi Jaringan Komputer yang lainnya yaitu Topologi Bus (Linear). Topologi bus ini jenis Topologi yang hanya menggunakan satu kabel tunggal atau disebut dengan kabel pusat. Dengan satu kabel ini seluruh workstation dan server sudah dapat dihubungan. Satu mesih pada topologi bus akan berfungsi sebagai file server. Jadi mesin pada server ini hanya khusus untuk pendistribusian data dan tidak untuk digunakan sebagai proses sumber informasi.

Pada topologi ini pengguna dapat menjadikannya sebagai jaringan yang berbasis fitur optic. Yaitu dengan cara melakukan penggabungan dengan topologi star agar terhubung dengan clien atau node. Maksimal instalasi jaringan yang dapat digunakan yaitu 5 sampai 7 komputer caranya pun cukup sederhana. Keunggulan lain yang terdapat pada topologi bus adalah ketika ingin melakukan penambahan workstation maka jaringan workstation yang lainnya tidak perlu khawatir akan merasa terganggu.

Gangguan Workstation di sebabkan bayak hal

Selain itu pada Topologi Jaringan Komputer jenis ini tidak memerlukan terlalu banyak kabel seperti Topologi Star. Karena pada Topologi ini hanya dibutuhkan satu jalur utama saja. Ada juga kekurangan yang dimiliki Topologi Bus Teknologi Dapat Mengubah Kehidupan selain dari kelebihannya. Apabila kabel pada server utama mengalami gangguan (rusak) maka keseluruhan workstation akan ikut mengalami gangguan (rusak).

Apabila proses pengiriman terlalu padat maka akan mempengaruhi kecepatan aksesnya sehingga akan lebih lambat. Masih ada satu kesulitan yang mungkin dapat dihadapi yaitu apabila terjadi kesalahan. Kesalahan yang dimaksud yaitu tabrakan data yang disebabkan mekanisme jaringan relatif sederhana. Maka jika salah satu node putus maka keseluruhan kinerja jaringan di semua komputer akan ikut terganggu.

Yang terakhir adalah Topologi Jaringan Komputer Ring. Topologi Ring merupakan hasil pengembangan dari Topologi Bus. Jadi pada Topologi Ring semua Workstation dan servernya dihubungkan menjadi satu dengan bentung lingkaran seperti cincin. Perbedaan Topologi Ring dengan topologi Bus yaitu pada sistem jaringan Topologi Bus tidak perlu mengenal komputer pertama dan terakhirnya.

Keunggulan pada Topologi Ring yaitu lebih hemat kabel dan tidak perlu khawatir akan terjadinya tabrakan saat pengiriman data. Data yang dikirim hanya menggunakan satu node saja dan dikirim secara bersamaan tidak seperti Topologi Bus. Namun komunikasi yang terjalin akan terganggu jika satu titik saja mengalami gangguan jaringan. Jaringan ini menggunakan FDDI yaitu dengan pengiriman data secara berlawanan arah. Kelemahan pada Topologi Jaringan Komputer Ring yaitu pengembangan jaringannya kaku.

 

Comment here